IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN PEKALONGAN

Penulis

  • M. Azkal Azkiya Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Mega Widya Putri Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan
  • Idah Tresnowani Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, PJOK, SMA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan di SMA Muhammadiyah di Kabupaten Pekalongan.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mata pelajaran PJOK dapat berjalan sesuai dengan program kerja yang sudah ditetapkan oleh mentri pendidikan dan permendikbud. Dalam proses pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran PJOK dilaksanakan secara luring dengan menerapkan konsep kurikulum merdeka belajar. Setelah data disajikan oleh peneliti berdasarkan temuan-temuan di lapangan melalui obserasi, wawancara dan dokumentasi maka sebagai tindak lanjut dari temuan data-data penelitian yaitu menganalisis hasil data yang terkumpul menggunakan kata-kata yang terperinci.

Diterbitkan

2024-12-23