PERBANDINGAN PENDEKATAN STEAM DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF DI SEKOLAH DASAR
Keywords:
pendekatan STEAM, pendekatan konvensional, gerak dasar manipulatif, sekolah dasar,, pendidikan jasmaniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dan pendekatan konvensional dalam pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-equivalen. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas IV A dan kelas IV B dengan total populasi 60 siswa dengan cara pengambilan sampel adalah Purposive-sampling. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan gerak dasar pre-test dan post-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa pendekatan STEAM secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak dasar manipulatif dengan skor rata-rata sebesar 39.93 dibandingkan pendekatan konvensional dengan skor rata-rata sebesar 24.93. Hal ini sejalan dengan hipotesis bahwa terdapat perbedan rata-rata hasil pembelajaran dengan dua pendekatan tersebut. Kesimpulannya pendekatan STEAM lebih efektif untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar manipulatif dibanding pendekatan konvensional
Kata Kunci: pendekatan STEAM, pendekatan konvensional, gerak dasar manipulatif, sekolah dasar, pendidikan jasmani
Published
Issue
Section
Copyright (c) 2025 Jurnal Olahraga Nasional

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
Diterbitkan oleh Prodi PJKR UNU Cirebon