Pengenalan Logika Dasar Melalui Kegiatan Bermain dan Belajar Bahasa Komputer di SD Negeri 02 Halimpu

Penulis

  • Rahayu Firdaus Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Elin Maulida Rahmawati Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dicky Andika Sulaeman Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Fahmi Albi Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Ahmad Madani Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Riyanto Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1617

Kata Kunci:

teknologi informasi, logika dasar, coding, literasi digital, pembelajaran interaktif, block coding, sekolah dasar, revolusi industri 4.0

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era Revolusi Industri 4.0 mengharuskan setiap individu untuk menguasai keterampilan berpikir kritis, kreatif, dan logis. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, tantangan ini juga mencakup literasi digital sebagai bekal menghadapi transformasi global, terutama di kalangan siswa sekolah dasar. Di SD Negeri 02 Halimpu, Kabupaten Cirebon, siswa-siswi masih asing dengan konsep dasar coding dan logika komputer. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan pada 19 Agustus 2025 bertujuan untuk mengenalkan logika dasar melalui pendekatan bermain dan belajar bahasa komputer. Metode yang digunakan termasuk sosialisasi, demonstrasi game berbasis Python, serta praktik block coding menggunakan platform Code.org. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 90% siswa mampu menjelaskan konsep logika dasar seperti urutan, perulangan, dan kondisi, sementara 85% menunjukkan minat tinggi untuk belajar lebih lanjut tentang coding. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap logika dasar dan merangsang minat mereka terhadap teknologi, sehingga mendukung literasi digital di sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-11-06

Cara Mengutip

Firdaus, R. ., Rahmawati, E. M. ., Sulaeman, D. A. ., Albi, F. ., Madani, A. ., & Riyanto. (2025). Pengenalan Logika Dasar Melalui Kegiatan Bermain dan Belajar Bahasa Komputer di SD Negeri 02 Halimpu. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, 5(1), 147-156. https://doi.org/10.52188/psnpm.v5i1.1617

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama