Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon

  • Muhamad Galuh Subagja Bayana Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Suteja Suteja Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Dicky Surachman Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
Keywords: model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT), hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) respon siswa terhadap pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) pada pembelajaran IPA SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon materi pokok sumber daya alam dan (2) adakah pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 4  SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon yang berjumlah 50 siswa. Teknik sampling menggunakan sampling jenuh. Sampel yaitu kelas IVA (kelas eksperimen) sebanyak 25 siswa dan kelas IVB (kelas control) sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisa data menggunakan uji N-Gain dan uji t. Hasil penelitian yaitu (1) respon siswa terhadap model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) Sangat Tinggi dan (2) ada pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam SDN 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.

Published
2020-04-28
How to Cite
Bayana, M., Suteja, S., & Surachman, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sumber Daya Alam Kelas IV SD Negeri 1 Kertawangun Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 20-26. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/44
Section
Articles