Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

  • Mela Amalia Prodi PGSD Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Adiman Adiman Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Sri Hastuti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
Keywords: Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas V SD di kecamatan Gegesik tergolong rendah. Rendahnya
hasil belajar IPA ini disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat teacher centered dan guru hanya
menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Siswa pun merasa bahwa IPA adalah mata
pelajaran yang sulit, karena selain berhitung siswa juga harus menghafal. Berdasarkan hasil
pendahuluan tersebut, peneliti merancang pembelajaran dengan model SAVI (Somatis, Auditori,
Visual dan Intelektual) pada pokok bahasan alat pernapasan pada manusia. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) pada pokok
bahasan alat pernapasan pada manusia terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V SD
Negeri 1 Bayalangu Kidul. Penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental Design dengan
bentuk desain penelitiannya Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik sampling yang
digunakan yaitu teknik Sampling Jenuh. Sampel penelitian yang berjumlah 40 siswa, dibagi rata
menjadi dua kelompok secara random (acak). Instrumen yang digunakan adalah soal tes bentuk
pilihan ganda berjumlah 20 soal. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 77,75 dan kelompok kontrol 58,25. Berdasarkan hasil uji
hipotesis statistik dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh rata-rata pretest dan posttest sebesar
63,32% dan kelompok kontrol 29,23%. Selain itu berdasarkan uji T memperoleh bahwa nilai
t-hitung = 7,014 > t-tabel= 2,024 maka diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran
SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD
Negeri 1 Bayalangu pada materi alat pernapasan pada manusia.

Published
2020-03-31
How to Cite
Amalia, M., Adiman, A., & Hastuti, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 1-5. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/41
Section
Articles