Pembelajaran IPA Mengunakan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) dengan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SDIT Al Akhyar Bae Kudus

  • Damar Septian Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon https://orcid.org/0000-0002-3339-0039
  • Ifa Fauziyah Farid SDIT Al Akhyar Bae Kudus
Keywords: Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction), Metode The Power of Two, Pembelajaran IPA SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektivitas model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dan metode The Power of Two dan variabel terikat berupa prestasi belajar IPA siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al Akhyar yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Dipilih kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan bantuan spss, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, and satisfaction) dengan metode The Power of Two berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa.

Published
2019-09-09
How to Cite
Septian, D., & Farid, I. (2019). Pembelajaran IPA Mengunakan Model ARCS (Attention, Relevance, Confidance, and Satisfaction) dengan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SDIT Al Akhyar Bae Kudus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(2), 56-64. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/32
Section
Articles