PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON

  • Estu Widianingsih Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon
  • Mohamad Rendi Astono Sentosa Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon https://orcid.org/0000-0002-2730-9396
  • Faizah Faizah Prodi Pendidikan Fisika, Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon https://orcid.org/0000-0003-4292-3834
Keywords: metode demonstrasi, pendekatan quantum learning, prestasi belajar, gerak lurus berubah beraturan

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu : 1) mengetahui analisis prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning, 2) mengetahui pengaruh metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Karangwareng kabupaten Cirebon tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian berjumlah satu kelas yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi experiment. Data empiris didapatkan melalui studi di lapangan dengan menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu : 1) uji instrumen antara lain: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda, 2) uji prasyarat antara lain : normalitas, homogenitas, dan 3) uji hipotesis. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) analisis prestasi belajar siswa sesudah mengikuti pembelajaran fisika lebih besar dibandingkan sebelum mengikuti pembelajaran fisika menggunakan metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning, 2) pengaruh metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Karangwareng Kabupaten Cirebon dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai t-hitung= 16,297 dan nilai t-tabel= 1,68 (t-hitung>t-tabel) artinya metode demonstrasi melalui pendekatan quantum learning berpengaruh terhadap pokok bahasan gerak lurus berubah beraturan mata pelajaran fisika kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Karangwareng

Published
2018-09-12
How to Cite
Widianingsih, E., Sentosa, M., & Faizah, F. (2018). PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN KELAS X SMA NEGERI 1 KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 1(1), 22-27. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/3
Section
Articles