Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa

Keywords: multimedia interaktif, learning cycle 7E, hasil belajar siswa, ilmu pengetahuan alam

Abstract

Multimedia interaktif berbasis learning cycle pada materi alat optik IPA di SMP perlu untuk diimplementasikan untuk mengurangi mis-interpretasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar siswa; (2) penilaian siswa terhadap multimedia interaktif berbasis learning cycle. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII D dan kelas VIII E. Kelas VIII E terpilih menjadi kelas eksperimen sedangkan kelas VIII D terpilih menjadi kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) ada pengaruh multimedia interaktif berbasis learning cycle terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai signifikansi 0,000; (2) kategori penilaian siswa terhadap multimedia interaktif pada komponen daya tarik, tingkat kesulitan, dan manfaat adalah sangat baik.

Published
2019-05-06
How to Cite
Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 6-16. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/14
Section
Articles