Media Belajar Lewat Kesalahan Film Kartun Untuk Mengajarkan HOTS Materi Dispersi Cahaya

  • Niky Ayu Sekar Arum Pendidikan Fisika, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Marmi Sudarmi Pendidikan Fisika, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Alvama Pattiserlihun Pendidikan Fisika, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: HOTS, evaluasi, belajar lewat kesalahan

Abstract

Dalam rangka memperbaiki sistem pendidikan Indonesia pemerintah mengeluarkan Permendikbud No. 68 tahun 2013 yang menuntut siswa untuk dapat berpikir tingkat HOTS, namun banyak guru yang belum siap mengajar HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memanfaatkan film kartun Larva sebagai media belajar lewat kesalahan untuk mengajarkan siswa berpikir HOTS khususnya ranah evaluasi dan analisis (2) memberi contoh RPP di mana pembelajarannya mengajarkan siswa berpikir HOTS. Tingkat berpikir HOTS yang diajarkan dalam penelitian ini adalah tingkat evaluasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain RPP, lembar observasi, kuesioner, serta soal evaluasi. Hasil analisis lembar observasi menyatakan 86,1% siswa menjawab dengan benar setiap pertanyaan menggiring HOTS yang diberikan, lembar kuesioner yang diisi siswa setelah KBM berlangsung yang menyatakan 96,6% siswa paham dan terbantu dengan pertanyaan menggiring yang diberikan untuk menarik kesimpulan. Hasil tes siswa menunjukkan 85% siswa mendapatkan nilai di atas KKM yang ditentukan yaitu 70. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini telah berhasil dan memenuhi kriteria sehingga RPP ini dapat menjadi contoh RPP berbasis HOTS bagi guru untuk mengajarkan siswa berpikir HOTS.

Published
2019-05-06
How to Cite
Arum, N., Sudarmi, M., & Pattiserlihun, A. (2019). Media Belajar Lewat Kesalahan Film Kartun Untuk Mengajarkan HOTS Materi Dispersi Cahaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1), 37-50. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jpfs/article/view/12
Section
Articles